Cahyatin Nisa, 1016031116 (2015) Analisis Perilaku Konsumtif Pada FIlm Confessions of a Shopaholic. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR BAGAN.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (555Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (301Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (566Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (191Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 4.pdf Download (273Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 5.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (515Kb) |
||
|
File PDF
BAB 6.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Film Confessions of a Shopaholic merupakan film yang menggambarkan perilaku konsumtif yang dilakukan oleh seorang perempuan bernama Rebecca Bloomwood. Rebecca Bloomwood adalah seorang jurnalis majalah keuangan yang menyukai fashion dan mampu memberikan tips keuangan pada masyarakat, meskipun sebenarnya ia terlilit hutang dan dikejar oleh penagih hutang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang perilaku konsumtif yang terdapat pada film Confessions of a Shopaholic. Penelitian ini menggunakan metode lingkaran hermeneutika, teori disonansi kognitif, teori belajar sosial dan meniru dari Miller-Dollard dan Bandura-Walters. Tipe penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perilaku konsumtif yang ada pada film Confessions of a Shopaholic, di mulai dari iklan dan konformitas, kedua hal ini mampu mempengaruhi orang untuk konsumtif. Iklan dan konformitas menjadi tahap awal seseorang menjadi konsumtif, iklan mempunyai andil besar dalam mempengaruhi seseorang untuk berperilaku konsumtif karena kemampuannya mempersuasi, mensugesti orang dan keinginan dalam diri seseorang untuk sama dengan orang lain maka terciptalah konformitas. Perilaku konsumtif ini disebabkan oleh berbelanja tanpa direncanakan, memaksakan diri untuk berbelanja padahal hutang menumpuk dan banyak barang yang hanya dipakai sekali atau tidak pernah sama sekali. Hal ini mengakibatkan ketidakmampuan dalam mengambil keputusan yang tepat saat berbelanja. Perilaku konsumtif ini juga terjadi karena adanya pergeseran kebutuhan, umumnya kebutuhan itu dimulai dari kebutuhan dasar menuju kebutuhan tingkat atas tetapi yang malah terjadi kebutuhan itu memutar. Diawali kebutuhan harga diri yang berada tingkat atas yang bertujuan menunjang kebutuhan dasar lalu setelah itu naik kebutuhan selanjutnya.Kata kunci : Perilaku konsumtif, Film, Hermeneutika Confessions of a Shopaholic movie describes best the consumptive behavior of women, Rebecca Bloomwood. She is a journalist in a finance magazine that loves fashion and good at given finance tips journal, although she actually had being indebted and demanded by debt collector. The goal of this research is to find out and describe the consumptive behavior in Confession of a Shopaholic movie. This research used hermeneutic ring method, dissonance cognitive theory, social learning and imitating theory from Miller and Dolard, and also Bandura and Walters. The type of this research is descriptive qualitative. The result of this research explained that advertisement and conformity is a first phase for someone to be consumptive. Advertisements have significant contribution to persuade someone for having consumptive behavior and suggest people to imitate others to create conformity. There are some behaviours which develop consumptive behavior such as going shopping without using shopping-list, low self-restrain of buying unimportant things, and unable making right decision of choosing things while shopping. Consumptive behavior occurred by the friction of the primary need to the prestige need. It comes from higher level of pride to support primary need, and then ascend to the next level of consumptive behavior. Key words: Consumptive Behavior, Movie, Hermeneutic
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HE Transportation and Communications |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | 9215673 . Digilib |
Date Deposited: | 04 May 2015 07:58 |
Terakhir diubah: | 04 May 2015 07:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9692 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |