Analisis Perilaku Konsumtif Pada FIlm Confessions of a Shopaholic

Cahyatin Nisa, 1016031116 (2015) Analisis Perilaku Konsumtif Pada FIlm Confessions of a Shopaholic. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR BAGAN.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (555Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (301Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (566Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (273Kb) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515Kb)
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64Kb) | Preview

Abstrak

Film Confessions of a Shopaholic merupakan film yang menggambarkan perilaku konsumtif yang dilakukan oleh seorang perempuan bernama Rebecca Bloomwood. Rebecca Bloomwood adalah seorang jurnalis majalah keuangan yang menyukai fashion dan mampu memberikan tips keuangan pada masyarakat, meskipun sebenarnya ia terlilit hutang dan dikejar oleh penagih hutang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang perilaku konsumtif yang terdapat pada film Confessions of a Shopaholic. Penelitian ini menggunakan metode lingkaran hermeneutika, teori disonansi kognitif, teori belajar sosial dan meniru dari Miller-Dollard dan Bandura-Walters. Tipe penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perilaku konsumtif yang ada pada film Confessions of a Shopaholic, di mulai dari iklan dan konformitas, kedua hal ini mampu mempengaruhi orang untuk konsumtif. Iklan dan konformitas menjadi tahap awal seseorang menjadi konsumtif, iklan mempunyai andil besar dalam mempengaruhi seseorang untuk berperilaku konsumtif karena kemampuannya mempersuasi, mensugesti orang dan keinginan dalam diri seseorang untuk sama dengan orang lain maka terciptalah konformitas. Perilaku konsumtif ini disebabkan oleh berbelanja tanpa direncanakan, memaksakan diri untuk berbelanja padahal hutang menumpuk dan banyak barang yang hanya dipakai sekali atau tidak pernah sama sekali. Hal ini mengakibatkan ketidakmampuan dalam mengambil keputusan yang tepat saat berbelanja. Perilaku konsumtif ini juga terjadi karena adanya pergeseran kebutuhan, umumnya kebutuhan itu dimulai dari kebutuhan dasar menuju kebutuhan tingkat atas tetapi yang malah terjadi kebutuhan itu memutar. Diawali kebutuhan harga diri yang berada tingkat atas yang bertujuan menunjang kebutuhan dasar lalu setelah itu naik kebutuhan selanjutnya.Kata kunci : Perilaku konsumtif, Film, Hermeneutika Confessions of a Shopaholic movie describes best the consumptive behavior of women, Rebecca Bloomwood. She is a journalist in a finance magazine that loves fashion and good at given finance tips journal, although she actually had being indebted and demanded by debt collector. The goal of this research is to find out and describe the consumptive behavior in Confession of a Shopaholic movie. This research used hermeneutic ring method, dissonance cognitive theory, social learning and imitating theory from Miller and Dolard, and also Bandura and Walters. The type of this research is descriptive qualitative. The result of this research explained that advertisement and conformity is a first phase for someone to be consumptive. Advertisements have significant contribution to persuade someone for having consumptive behavior and suggest people to imitate others to create conformity. There are some behaviours which develop consumptive behavior such as going shopping without using shopping-list, low self-restrain of buying unimportant things, and unable making right decision of choosing things while shopping. Consumptive behavior occurred by the friction of the primary need to the prestige need. It comes from higher level of pride to support primary need, and then ascend to the next level of consumptive behavior. Key words: Consumptive Behavior, Movie, Hermeneutic

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: 9215673 . Digilib
Date Deposited: 04 May 2015 07:58
Last Modified: 04 May 2015 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9692

Actions (login required)

View Item View Item