Mursalin, BUNGA PRATIWI (2013) PENGARUH PENGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA N 1 Talang Padang Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (458Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (415Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (282Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (198Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (403Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (564Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (22Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (5Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan observasi di kelas XI SMA Negeri 1 Talang Padang, diketahui bahwa aktivitas belajar dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual dalam meningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes lalu dihitung selisihnya sehingga diperoleh N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Data kualitatif berupa data akitivitas belajar dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan media audio visual yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria tinggi yaitu 76,95 % hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan ide atau pendapat berkriteria tinggi (86,12%); bekerja sama dalam tim berkriteria sedang (73,86%), bertukar informasi berkriteria sedang (71,67%), dan mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria tinggi (76,11%). Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-gain (55,34) yaitu dengan kriteria sedang. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain berkriteria sedang (56,94) dan indikator kognitif C4 memiliki kriteria sedang (53,10). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media audio visual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia. Kata kunci : Aktivitas Belajar siswa, Hasil belajar siswa, Media Audio Visual
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 06:41 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 06:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1011 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |