EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA PETA TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Mualif , MARIA ALIFAH (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER MENGGUNAKAN MEDIA PETA TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (294Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1031Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2695Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan rata-rata nilai pretes geografi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) Perbedaan yang signifikan rata-rata nilai postes geografi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) Efektivitas model pembelajaran NHT dengan menggunakan media peta, (4) Perbedaan yang signifikan gain prestasi belajar geografi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, dipilih kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar berupa pretes dan postes pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya. Untuk mengolah data penelitian digunakan program SPSS versi 20. Hasil dalam penelitian ini: (1) Tidak ada perbedaan rata-rata nilai pretes geografi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, ditunjukkan dari hasil perhitungan t = 1,099 < t tabel hitung = 1,99 dengan nilai probabilitas = 0,275 > 0,05; (2) Rata-rata postes geografi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, ditunjukkan dari hasil perhitungan t = 5,609 > t = 1,99 dengan nilai probabilitas = 0,000 < 0,05; (3) Model pembelajaran NHT dengan menggunakan media peta lebih efektif dibandingkan metode ceramah, ditunjukkan dengan hasil perhitungan ketuntasan belajar kelas eksperimen = 85% lebih besar dari ketuntasan belajar kelas kontrol = 47,5% (85% > 47,5%); (4) Gain prestasi belajar geografi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, ditunjukkan dari hasil perhitungan t hitung = 4,033 > t hitung tabel = 1,99 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Kata Kunci: NHT, media peta, efektivitas pembelajaran geografi. tabel

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 11 Feb 2014 07:27
Terakhir diubah: 11 Feb 2014 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir