PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN TAHAPAN KOREOGRAFI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 KALIREJO, LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015

Rendri Feriana Lazorgi, 1113043032 (2015) PEMBELAJARAN TARI MENGGUNAKAN TAHAPAN KOREOGRAFI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 KALIREJO, LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (421Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1299Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran tari menggunakan tahap koreografi pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kalirejo, Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan penedekatan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah pembelajaran gerak tari menggunakan tahap koreografi di SMA Negeri 1 Kalirejo, Lampung Tengah. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan pembelajaran nonformal dan koreografi. Instrumen penelitian menggunakan aktivitas siswa menggunakan sistim checklis dan tes praktik. Proses pembelajaran tari kreasi Lampung yang diambil sebagai contoh adalah tari tradisi, yaitu menggunakan tahap audio visual pada tahap ini guru memberikan tayangan video tari kreasi dan siswa memperhatikan tayangan video yang diberikan, tahap eksplorasi pada tahap ini guru memberikan contoh gerak tari tradisi kemudian siswa mempraktikkan apa yang ditugaskan oleh guru, untuk tahap imrpovisasi dan tahap pembentukan sudah tidak dilakukan proses pembelajaran karena pada tahap ini sudah dilakukan pengambilan nilai tes praktik. Untuk tahap keseluruhan siswa yang dinyatakan gagal ada 3 orang siswa. Hasil belajar siswa menggunakan tahap koreografi sudah ditunjukan dengan rata-rata nilai tes praktik siswa 67 dengan kriteria lulus. Kata kunci : pembelajaran, tahapan koreografi, kegiatan ekstrakurikuler The formulation of problem in this research was how the activites dance lasson using choreographystep in extracurricular activities in SMA Negeri 1 Kalirejo Central Lampung. The objective of this research is to describe the process and result of dance lesson using coreography step. This study used qualitative descriptive approach to describe the process and result of learning of dance movement using coreography step in SMA Negeri 1 Kalirejo, central Lampung. the subject of this research are 15 student who follow dance extracurricular activites. Data collection techniques using observation, interview, and documentation. The instrumen of the research used the activity of students by using cheklis systems and practices test. The learning process of dance movement of lampung creation through the coreography step by using audio and visual step, teachers show video dance creation and student watch the video given, in exploration step, the teachers give an example of movement of traditional dance and then students practice the movement that they learned from the teacher. For the improvitation and formation step, the teachers will not give an example because at this step the teacers will take a score for practice test. For the whole, only three students were failed. The result of study using the coreography step showed 67 average score for practice test that categorized to pass. Key Word : dance, coreography step, extracurricular activities

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
> LC Special aspects of education
> N Visual arts (General) For photography, see TR
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 9381553 . Digilib
Date Deposited: 29 Jul 2015 08:06
Terakhir diubah: 29 Jul 2015 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir