PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Surajito (Alm),, Fitri Ratna Sari (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (16Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (15Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (14Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (259Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (216Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (313Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (488Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version

Download (76Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2503Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran erat kaitannya dengan model pembelajaran. Ketepatan penggunaan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setiap siswa memiliki tingkat kecerdasan adversitas (Adversity Quotient atau AQ) yang berbeda-beda. Kecerdasan adversitas merupakan kemampuan seseorang untuk mengubah hambatan menjadi peluang, khususnya hambatan belajar yang sering dihadapi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan keefektivitasan antara model pmbelajaran SAVI dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E, serta untuk mengetahui peran kecerdasan adversitas yang dimiliki siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kotagajah dalam menentukan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran SAVI dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. 2) Keefektifan model pembelajaran SAVI dibandingkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dalam pencapaian hasil belajar akuntansi pada siswa yang tergolong pada taraf quitter. 3) Keefektifan model pembelajaran SAVI dibandingkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dalam pencapaian hasil belajar akuntansi pada siswa yang tergolong pada taraf climber. 4) Interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas siswa terhadap mata pelajaran akuntansi. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparataif. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental semu (quasi experimental design). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan: 1) Ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang pembelajarnnya menggunakan model pembelajaran SAVI dengan siswa yang pembelajarnnya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan yang diperoleh F 5,685>F 4,17 atau signifikansi sebesar 0.024<0.05. 2) Hasil belajar akuntansi yang pembelajarnnya menggunakan model pembelajaran SAVI lebih rendah dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E bagi siswa yang tergolong dalam kelas quitter. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan yang diperoleh t 1,499< t hitung tabel hitung tabel 2,14 dan Sig sebesar 0.156>0,05 yang artinya tidak signifikan. .3) Hasil belajar akuntansi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran SAVI lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E bagi siswa yang tergolong dalam kelas climber. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan yang diperoleh t hitung 2,664> t 2,16 dan Sig sebesar 0.019<0,05.. 4) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas yang dimiliki siswa pada mata pelajaran akuntansi. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan yang diperoleh F hitung 0,328<t tabel tabel 4,17 dan Sig sebesar 0.571>0,05 yang artinya tidak signifikan. Kata kunci: Hasil belajar, Kecerdasan Adversitas, Learning Cycle 5E, Model Pembelajaran, dan SAVI

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 19 Feb 2014 08:38
Terakhir diubah: 19 Feb 2014 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir