PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Swadhipa Natar Semester Genap T. P 2011/2012)

0543024001, ADHITIAN (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Swadhipa Natar Semester Genap T. P 2011/2012). Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER DEPAN ADHIT.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.1 ABSTRAK hal ii, iii, iv.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.2 COVER DALAM hal v.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.3 LEMBAR MENYETUJUI hal vi.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.4 PERNYATAAN SKRIPSI hal vii.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.5 LEMBAR MENGESAHKAN hal viii.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.6 SANWACANA hal ix, x, xi.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.7 PERSEMBAHAN hal xii.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.8 RIWAYAT HIDUP hal xiii.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.9 MOTTO hal xiv.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.10 DAFTAR ISI hal xv, xvi.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.11 DAFTAR TABEL hal xvii.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.12 DAFTAR GAMBAR hal xviii.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ADHI BAB 1 Hal 1-9.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ADHI BAB 2 Hal 10-25.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ADHI BAB 3 Hal 26-41.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] File PDF
ADHI BAB 4 Hal 42-57.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (181Kb)
[img]
Preview
File PDF
ADHI BAB 5 Hal 58-59.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA Hal 60-62.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) terhadap penguasaan materi pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan oleh siswa SMA Swadhipa Natar, (2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) terhadap aktivitas belajar siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan oleh siswa SMA Swadhipa Natar. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretest postest non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA eksperimen dan kelas XI IPA 1 ii 2 sebagai kelas sebagai kelas kontrol yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, rata-rata nilai postest, dan rata-rata nilai N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif. Adhitian Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 55,50 sedangkan pada kelas kontrol 43,83. Nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen sebesar 84,83 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62,50. Nilai rata- rata N-gain penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen sebesar 66,42% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 28,64%. Pada hasil penelitian ini juga menilai aktivitas belajar siswa yang terdiri dari 5 aspek yaitu memprediksi, mengamati, menjelaskan, bekerja sama, dan membuat kesimpulan. Hasil dari kelima aspek tersebut memperoleh nilai yang berbeda-beda yakni aspek memprediksi pada kelas ekperimen memperoleh nilai 82,59% sedangkan pada kelas kontrol 54,44%, aspek mengamati pada kelas ekperimen 80,74% sedangkan pada kelas kontrol 61,48%, aspek menjelaskan pada kelas ekperimen 85,19% sedangkan pada kelas kontrol 60,74% , aspek bekerja sama pada kelas eksperimen 80,37% sedangkan pada kelas kontrol 57,78%, dan yang terkahir adalah aspek membuat kesimpulan pada kelas eksperimen 80% sedangkan pada kelas kontrol 64,08%. Jadi, pada kelas eksperimen aspek tertingginya adalah menjelaskan sebesar 85,19% dan aspek terendahnya adalah membuat kesimpulan sebesar 80%. Sedangkan pada kelas kontrol aspek tertingginya adalah membuat kesimpulan sebesar 64,08% dan aspek terendahnya adalah memprediksi sebesar 54,44%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan sehingga model pembelajaran Predict, Observe, And Explain (POE) berpengaruh terhadap iii Adhitian penguasaan materi dan aktivitas siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan Makanan pada Kelas XI SMA Swadhipa Natar.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:42
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12484

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir