Henny Rhatna Shary, 1113053049 (2015) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV B SD N 04 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (265Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV B SD N 04 Metro Utara. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD N 04 Metro Utara dengan menggunakan model active learning tipe index card match. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data berupa panduan observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning tipe index card match pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD N 04 Metro Utara. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I 61,54% (cukup aktif) dan pada siklus II 76,92% (aktif), terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15,38%. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I 65,38% (tinggi) dan pada siklus II 88,46% (sangat tinggi), terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 23,08%. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif siswa pada siklus I 50% (sedang) dan pada siklus II 88,46% (sangat tinggi), terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 38,46%. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I 57,69% (sedang) dan pada siklus II 84,61% (sangat tinggi), terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebesar 26,92%. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, index card match
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 5166749 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 04:40 |
Terakhir diubah: | 15 Sep 2015 04:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12842 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |