Sunaryo, AGUS IRAWAN (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Kelas VII SMP Negeri 2 Tegineneng Tahun Ajaran 2012/2013 ). Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (383Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (176Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (410Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (46Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3405Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas siswa SMP Negeri 2 Tegineneng. Desain penelitian ini adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari pretes dan postes. Analisis data aktivitas siswa menggunakan indeks aktivitas siswa dengan menghitung rata–rata skor aktivitas siswa, sedangkan penguasaan materi menggunakan Uji Mann-Whitney U pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan bantuan SPSS 17. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap aktivitas siswa pada saat proses Agus Irawan iii pembelajaran yaitu adanya peningkatan aktivitas dari pertemuan I ke pertemuan II dengan peningkatan rata-rata sebesar (18,75%). Secara umum peningkatan terjadi pada setiap aspek aktivitas siswa yang diamati. Rata-rata aktivitas siswa tertinggi adalah aspek kemampuan melakukan kegiatan diskusi, sedangkan aktivitas siswa terendah adalah aspek kemampuan mengemukakan pendapat. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga berpengaruh terhadap penguasaan materi pada kelas eksperimen. Indikator kognitif N-Gain kategori tinggi adalah pengetahuan (C1) dan penerapan (C3), sedangkan indikator kognitif N-Gain kategori rendah adalah pemahaman (C2) dan analisis (C4)). Dengan demikian, bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup oleh siswa SMP Negeri 2 Tegineneng. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions, Aktivitas siswa, Penguasaan materi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 07 Jan 2014 07:46 |
Terakhir diubah: | 07 Jan 2014 07:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/132 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |