PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VII SMP DIRGANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0913066012, Nurlena (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VII SMP DIRGANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK. PTKdoc.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (517Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover ptk gw.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini membahas peningkatan kemampuan menulis pantun dengan mempergunakan media gambar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan media gambar yang tepat untuk meningkatkan prestasi pembelajaran siswa dan peningkatan prestasi menulis pantun dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII SMP Dirgantara Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan desaign penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Dirgantara Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 siswa. Data kemampuan menulis pantun siswa diambil melalui tes tertulis setelah pembelajaran dengan menggunakan media ii gambar dan kegiatan observasi siswa. Penelitian tindakan dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian kemampuan menulis pantun sebagai berikut. Rata-rata keseluruhan hasil tes menulis pantun berdasarkan media gambar siswa kelas VII data sebelum siklus 1 sebesar 65,2, setelah siklus 1 sebesar 68,4, dari siklus 2 sebesar 89,3. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan (berarti) pada menulis pantun. Disimpulkan bahwa media gambar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran menulis pantun dalam pelajaran bahasa Indonesia, serta menjadikan media gambar yang sudah dikenal siswa sebagai media pembelajaran yang tepat.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:48
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13499

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir