0813053053, RENDY HERMAWAN (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VC SD NEGERI 06 METRO BARAT. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (317Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (252Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (402Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (688Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (90Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran IPA di kelas VC SD Negeri 06 Metro Barat belum berlangsung seperti apa yang diharapkan. Guru belum optimal dalam menerapkan model pembelajaran, serta pembelajaran masih terpaku pada buku (text book), siswa kurang aktif dalam pembelajaran.Selain itu guru masih mendominasi dalam penyampaian materi atau pembelajaran masih bersifat teacher center. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe group investigation. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dan tiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melaluiobservasi dan tes yang dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran kemudian data dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguanaan model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada aktivitas belajar siswa siklusI berada pada kategori cukup aktif mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori aktif.Ketuntasanbelajar siswapada siklus I berada pada kategori sedang yaitu 40,74% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 44,74% menjadi 88,9% berada pada kategori sangat tinggi. Kata kunci : Model Cooperative Learning, tipe Group Investigation, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar IPA
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:53 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13581 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |