1013069208, Yunita Fiddyanti (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KEBON JERUK KECAMATAN TANJUNGKARANG TIMUR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (171Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
lembar pengesahaan.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (74Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan penilaian yang dilakukan di SDN 1 Kebon Jeruk Bandar Lampung, bahwa pembelajaran IPA di kelas IV terlihat masih rendah yakni siswa yang mendapat nilai sama atau lebih dari KKM 60 hanya 43,33 persen (13 orang) sisanya 56,67 persen (17 orang) di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan jarang atau tidak pernah menggunakan pembelajaran secara kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi selama tindakan dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mencapai KKM telah mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh yang semula 43,33 persen meningkat menjadi 50,00 persen pada siklus I, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 60,00 persen, dan dari siklus II ke siklus III meningkat menjadi 73,34 persen. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:54 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13595 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |