1013109017, HERIYANTI (2013) PENGGUNAAN “ METODE DISKUSI “ UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV MI DINIYYAH PUTRI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
BAB III.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV ujian.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (275Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (278Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (125Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian yang dilakukan di MI Diniyyah Putri, dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), sebesar 40% yaitu 8 siswa dari 20 siswa, dengan nilai kriteria ketuntasan belajar (KKM) sebesar 60 yang disepakati oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk : meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan meningkatkan hasil belajar PKn setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara bertahap yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini mengangkat materi tentang mengenal Pemerintah kabupaten kabupaten/kota dan propinsi, yang dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, yaitu meliputi kegiatan Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Pengamatan (Observasi), dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru peneliti dan siswa kelas IV yang terdiri dari 20 orang. Instrument yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Hasil Persentase tiap aktivitas belajar siswa ditunjukkan siklus I mencapai rata-rata 63,57 % dan rata-rata aktivitas siswa pada siklus II mencapai 80,71 %. Dengan demikian telah terjadi peningkatan sebesar 18,57 % aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Sedangkan Hasil belajar siswa ditunjukkan pada rata siklus I mencapai 71,20 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar mencapai 77,20. Terjadi peningkatan sebesar 6,00 rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Sedangkan hasil Observasi kinerja guru pada siklus I sebesar 65 %, dan observasi pada siklus II sebesar 78 %, sehingga telah terjadi peningkatan sebesar 13 %. Dengan menggunakan metode diskusi dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Diskusi.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:55 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13627 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |