PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BIOLOGI KELAS XII PADA SMA KATEGORI RINTISAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (RSSN) DI BANDAR LAMPUNG

0613024037, Natallusia Eka Puspasari (2011) PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BIOLOGI KELAS XII PADA SMA KATEGORI RINTISAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (RSSN) DI BANDAR LAMPUNG. Digital LIbrary.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (303Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover2.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (3665b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan Skripsi Mahasiswa.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Guru sebagai salah satu komponen dalam proses pembelajaran memiliki peran penting membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengajar guru biologi kelas XII pada SMA kategori Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN) di Bandar Lampung, khususnya kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran berupa silabus dan RPP, kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, dan kemampuan guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sample, sehingga sampel yang diperoleh adalah guru biologi yang hanya mengajar kelas XII pada SMA kategori RSSN yang berjumlah 10 guru. Data penelitian adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yang berupa skor kinerja guru dalam membuat silabus, RPP, melaksanakan proses pembelajaran dan melaksanakan pengelolaan kelas. Sedangkan data kualitatif berupa gambaran tentang kemampuan guru dalam membuat silabus, RPP, melaksanakan proses pembelajaran, dan melaksanakan pengelolaan kelas yang diperoleh melalui lembar penilaian dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengajar guru pada SMA kategori RSSN bervariasi: (1) kemampuan guru biologi kelas XII dalam merencanakan pembelajaran berupa silabus 60% guru berkategori tinggi dengan melaksanakan 83%-89% aspek, dan 40% berkriteria sedang dengan aspek yang terlaksana 72% sesuai dengan panduan pengembangan silabus. Sedangkan dalam membuat RPP 10% guru berkategori tinggi dengan melaksanakan 82% aspek sesuai dengan panduan pengembangan RPP, sedangkan 70% guru berkriteria sedang dengan melaksanakan 65%-71% aspek, dan 20% berkriteria rendah dengan melaksanakan 47% aspek; (2) terdapat 30% guru berkategori tinggi dengan melaksanakan 85%-88% aspek, 40% berkategori sedang dengan melaksanakan 55%-70% aspek, dan 30% guru berkategori rendah dengan melaksanakan 45%- 52% aspek proses pembelajaran sesuai dengan standar proses pada Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007; (3) sebagian besar guru (70%) berkategori tinggi dengan melaksanakan 89%-100% aspek, dan sebagian kecil guru (30%) berkategori sedang dengan melaksanakan 78% aspek dalam melakukan pengelolaan kelas. Kata kunci : Profil, Kemampuan guru, RSSN, Standar proses

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:17
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13765

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir