1013109168, Utami Susilowati (2013) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS-GAMES-TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SDN 2 SUNGAILANGKA KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (445Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (743Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (265Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (715Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (263Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (335Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (265Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai, melalui prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2012, di SDN 2 Sungailangka Kecamatan Gedongtatan Kabupaten Pesawaran untuk mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Sungailangka Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif TGT. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Sungailangka Kecamatan Gedongtatan Kabupaten Pesawaran, yang berjumlah 16 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teamsgames-tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, yang ditunjukkan melalui: (1)peningkatan jumlah siswa yang aktif pada pelaksanaan pembelajaran dari 65,31% di siklus pertama menjadi 72,40% siswa aktif di siklus kedua; (2)peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 2 Sungailangka Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan pencapaian ketuntasan sebanyak 37,50% siswa tuntas di siklus pertama dengan rata-rata penguasaan materi kurang sebesar 56,81%; meningkat menjadi 68,75% siswa tuntas di siklus kedua dengan rata-rata penguasaan materi minimal sebesar 62,71%.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 02 Dec 2015 04:55 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2015 04:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14956 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |