0723011076, S U D O M O (2012) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANJUNG RAYA KABUPATEN MESUJI. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (259Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (441Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (402Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER2.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR.GAMBAR.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR.ISI.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR.LAMPIRAN.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR.TABEL.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHKAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (26Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian adalah menganalisis (1) interaksi antara pembelajaran kooperatif dan kemampuan awal siswa dengan prestasi belajar geografi (2) perbedaan prestasi belajar Geografi antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe STAD. (3) perbedaan prestasi belajar Geografi antara siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (4) perbedaan prestasi belajar Geografi antara siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah pada pembelajaran kooperatif tipe STAD . Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen desain faktorial 2x2. Subyek penelitian adalah siswa kelas X. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat interaksi antara pembelajaran kooperatif dan kemampuan awal siswa dengan prestasi belajar geografi yaitu Fhitung = 5,672 lebih besar dari pada nilai p value = 0,020. (2) terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar Geografi antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe STAD yaitu Fhitung = 107,728 lebih besar dari nilai p value = 0,000, sedangkan nilai rata-rata yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu 86 dan tipe STAD yaitu 75. (3) terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar Geografi antara siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu Fhitung = 25,858 lebih besar dari nilai p value = 0,000, prestasi siswa pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan kemampuan awal tinggi yaitu 90,42 dan siswa dengan kemampuan awal rendah yaitu 82,36. (4) terdapat perbedaan signifikan prestasi belajar Geografi antara siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah pada pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu Fhitung = 25,858 lebih besar dari nilai p value = 0,000, prestasi siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan awal tinggi yaitu 76,67 dan siswa dengan kemampuan awal rendah yaitu 73,75. Kata Kunci : prestasi belajar, pembelajaran kooperatif, kemampuan awal The purposes of this research is to analyze (1) the interaction between cooperative learning and early ability of students with achievement of studying geography. (2) the difference achievement of studying Geography between students who is given cooperative learning type Jigsaw with type STAD. (3) the difference achievement of studying Geography between students with high early ability and low early ability at cooperative learning type of Jigsaw. (4) the difference achievement of studying Geography betwen students with high early ability and low early ability at cooperative learning type of STAD. The research which is used is experiment quasi desain factorial 2x2. Data is collected with test. The tecnique analyze data by using ANAVA two ways and t-test. The result of this research shows that (1) there is a interaction between cooperative learning with students early ability with achievement of studying Geography, it is FHitung = 5,672 is higher than p value = 0,020. (2) There is a significant difference achievement of studying Geography between student given cooperative learning type of Jigsaw and type of STAD. That is FHitung = 107,728 is higher than p value = 0,000 and the rate of cooperative learning type of Jigsaw is 86 and type STAD is 75. (3) There is a significant difference achievement of studying Geography between students with high early ability and students with low early ability at cooperative learning type of Jigsaw it is FHitung = 25,858 is higher than P value = 0,000, student achievement at cooperative learning type of Jigsaw with high early ability is 90,42 and student with low early ability is 82,36. (4) There is a significant difference achievement of studying Geography with students with high early ability ant students with low early ability at cooperative leraning type of STAD. It is FHitung = 25,858 is higher than P value = 0,000, students achievement at cooperative learning type of STAD with high early ability is 76,67 and student with low early ability is 73,75. Key Word : achievement of study, cooperative learning, early ability
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 08 Dec 2015 09:01 |
Terakhir diubah: | 08 Dec 2015 09:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15326 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |