1023011018, Dwi Ervina Winata PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN POBLEM BASED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (752Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (489Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (410Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (57Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) interaksi antara pembelajaran inkuiri terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPA (2) perbedaan rata-rata hasil belajar IPA siswa yang pembelajarannya menggunakan inkuiri terbimbing dan PBL (3) perbedaan rata-rata hasil belajar IPA yang pembelajarannya menggunakan inkuiri terbimbing dan PBL pada siswa berkemampuan awal tinggi (4) perbedaan rata-rata hasil belajar IPA yang pembelajarannya menggunakan inkuiri terbimbing dan PBL pada siswa berkemampuan awal rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V, berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Data yang diperoleh diolah dengan analisis varians dua jalur dan uji beda mean. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada interaksi antara pembelajaran inkuiri terbimbing dan PBL dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPA (FAB= 14,274 dengan p < 0,05); (2) pencapaian hasil belajar IPA siswa yang pembelajarannya menggunakan inkuiri terbimbing (µA1= (65,6) lebih tinggi dibandingkan dengan PBL µA2= (64,2); (3) untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan pembelajaran PBL lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing µA2B1= (80,4 > µA1B1= (68,8); (4) untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran PBL µA1B2= (62,4) > µA2B2 = (48,8). Kata kunci: inkuiri terbimbing, PBL, kemampuan awal The aims of this reseach are to analyse: (1) interaction between learning guided inquiry and Problem Based Learnig (PBL) with initial ability student toward Science learning outcomes; (2) the mean difference of Science learning outcomes to students that use guided inquiry learning and PBL; (3) the mean difference of Science learning outcomes that use guided inquiry learning and PBL to high initial ability student; (4) the mean difference of Science learning outcomes that use guided inquiry learning and PBL to low initial ability student. This research uses experimental method with 2x2 factorial design. The sample of this research is 50 students of primary 5. The sampling technique which used in this research is total sampling. The data which is received will be processed by using analysis of variant two ways and mean difference test. The result shows that: (1) there is an interaction between learning guided inquiry and PBL with student initial ability toward Science learning outcomes (FAB = 14.274 with p < 0.05); (2) overall, Science learning outcomes to students who learn by guided inquiry learning are higher than the students who learn by PBL µA1= (65,6) > µA2= (64,2); (3) for students who have high initial ability, the Science learning outcomes to students who learn by PBL are higher than the students who learn by guided inquiry learning µA2B1= (80,4 > µA1B1= (68,8); (4) for students who have low initial ebility, the Science learning outcomes to students who learn by guided inquiry learning are higher than the students who learn by PBL µA1B2= (62,4) > µA2B2 = (48,8). Key words: guided inquiry, PBL, prior knowledge
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:16 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15756 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |