STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEMPERHATIKAN BENTUK TES ( Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pulaupanggung Tahun Pelajaran 2012/2013)

Suhartono, Angga Praditya (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEMPERHATIKAN BENTUK TES ( Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pulaupanggung Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (493Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (287Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (301Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (410Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (313Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (474Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2789Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa di dalam pembelajaran Ekonomi pada kelas X SMA N 1 Pulaupanggung Tanggamus. Berdasarkan hasil observasi, hal tersebut dikarenakan kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Dalam aktivitas belajar, siswa masih menjadi pihak yang pasif yang hanya menerima informasi dari guru tanpa punya inisiatif untuk menambah wawasan materi pada sumber belajar lain, mengungkapkan pendapat dan mengajukan pertanyaan kepada guru tentang hal yang belum dipahami, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan Model kooperatif tipe Problem Solving dengan memperhatikan bentuk soal (pilihan ganda dan analisis hubungan) sebagai variable moderatornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan metode clutster random sampling dengan diberikan perlakuan berbeda. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes belajar menggunakan bentuk soal pilihan ganda dan esai kepada dua kelas sampel. Setelah hasil belajar diperoleh, data dianalisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji T-test Dua Sampel Independent dan uji Analisis Varian Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukan; (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar Ekonomi antara siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran tipe GI dan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran tipe Problem Solving. ; (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar Ekonomi antara siswa yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda dan siswa yang dites menggunakan bentuk soal analisis hubungan. ; (3) terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan bentuk soal. ; (4) rata-rata hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Problem Solving jika hasil belajarnya diukur menggunakan tes pilihan ganda. ; (5) rata-rata hasil belajar Ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Problem Solving jika hasil belajarnya diukur menggunakan tes analisis hubungan. ; (6) rata-rata hasil belajar Ekonomi yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi yang dites menggunakan bentuk soal analisis hubungan pada pembelajaran kooperatif tipe GI. ; (7) rata-rata hasil belajar Ekonomi yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi yang dites menggunakan bentuk soal esai pada pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, GI, Problem Solving, bentuk soal tes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 08 Jan 2014 05:56
Terakhir diubah: 08 Jan 2014 05:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir