0743023025, Ika Eni Fadlin (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E (LC 3E) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Digital Library.
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. cover 2.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. PENGESAHAN.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PERNYATAAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Sanwacana.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. DAFTAR ISI.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (176Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (287Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (383Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DARPUS.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas X SMAN 7 Bandar Lampung proses pembelajaran yang dilakukan, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan dan latihan soal. Hal itu menyebabkan siswa kurang aktif dan siswa kurang terlatih dalam menggunakan keterampilan proses sainsnya. Kegiatan pembelajaran tersebut tidak sejalan dengan proses pembelajaran yang seharusnya diterapkan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu proses pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa adalah LC 3E. Melalui penerapan model LC 3E yang terdiri dari fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination), fase penerapan konsep (elaboration), diharapkan dapat meningkatkan salah satu indikator keterampilan sains yaitu keterampilan berkomunikasi. Karena itulah penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran LC 3E dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi pokok hidrokarbon. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 7 Bandar Lampung kelas X4 dan X5 semester Genap Tahun Pelajaran 2011-2012 yang diambil dengan teknik purposif sampling. Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa rata-rata N-gain keterampilan berkomunikasi yang menggunakan model pembelajaran LC 3E lebih tinggi dari yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran LC 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi hidrokarbon. Kata kunci: model LC 3E, keterampilan berkomunikasi, dan efektivitas.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:08 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15880 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |