IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN MITIGASI TSUNAMI DENGAN MODEL LEARNING CYCLE INDOOR DAN OUTDOOR BAGI SISWA SMP NEGERI 27 BANDAR LAMPUNG

Panut Ismanto, Erwin Wijaya (2014) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN MITIGASI TSUNAMI DENGAN MODEL LEARNING CYCLE INDOOR DAN OUTDOOR BAGI SISWA SMP NEGERI 27 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (159Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (227Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1985Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas IX SMP Negeri 27 Bandar Lampung, diketahui bahwa materi kebumian yang menyangkut fenomena tsunami cenderung tidak diajarkan dan dianggap sebagai materi pengayaan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E pada perlakuan cara belajar indoor, outdoor, dan kombinasi keduanya. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran mitigasi tsunami dengan model learning cycle indoor dan outdoor. Nilai rata-rata siswa adalah 67,23 pada kelas indoor, 59,75 pada kelas outdoor dan 59,59 pada kelas kombinasi. Data ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif pada kelas indoor lebih baik dari kelas outdoor dan kombinasi. Tidak ada perbedaan hasil belajar afektif siswa pada pembelajaran mitigasi tsunami dengan model learning cycle indoor dan outdoor. Nilai rata-rata siswa Erwin Wijaya adalah 85,64 pada kelas indoor, 83,48 pada kelas outdoor dan 81,81 pada kelas kombinasi. Ada perbedaan hasil belajar psikomotorik siswa pada pembelajaran mitigasi tsunami dengan model learning cycle indoor dan outdoor. Nilai rata-rata siswa adalah 65,85 pada kelas indoor, 73,75 pada kelas outdoor dan 80,45 pada kelas kombinasi. Data ini menunjukkan bahwa hasil belajar psikomotorik siswa pada kelas kombinasi lebih baik dari kelas indoor dan outdoor. Kata kunci: Tsunami, Mitigasi, Learning cycle 5E.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 20 May 2014 01:32
Terakhir diubah: 20 May 2014 01:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir