1013069175, Yunita Sari (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS II SD NEGERI 2 BERINGIN RAYA BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (346Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (594Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengantar.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran IPA kelas II di SD Negeri 2 Beringin Raya Bandar Lampung diketahui guru kelas masih cenderung menggunakan metode ceramah, proses pembelajaran belum optimal, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa kurang aktif dan ketuntasan hasil belajar siswa baru mencapai 30 %. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik melalui penggunaan media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dalam empat tahapan dasar yang saling terkait yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui aktivitas yaitu berupa lembar observasi kinerja guru dan aktivitas belajar siswa, serta alat tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran tematik pelajaran IPA kelas II dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari hasil persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (59,83%) dengan kategori cukup aktif dan siklus II meningkat menjadi (81,52%) dengan kategori aktif. Demikian pula hasil belajar siswa, pada siklus I siswa yang tuntas belajar (51,28%), dan pada siklus II meningkat menjadi (87,18%), terjadi peningkatan sebesar 35,9%. Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar IPA, media gambar, pembelajaran Tematik
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 31 Dec 2015 06:31 |
Terakhir diubah: | 31 Dec 2015 06:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16444 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |