Saman, Irfan Himawan (2014) PEMANFAATAN MEDIA TIK TUTORIAL SEBAGAI SUBSTITUTE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (472Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (469Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (226Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (198Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (554Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2918Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keterbatasan alat-alat laboratorium sebagai penunjang keefektivan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika di kelas masih sangat minim dan kalaupun ada eksplorasi terhadap alat-alat tersebut juga masih sangat terbatas serta dilaksanakan dengan metode konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media TIK tutorial sebagai substitute demonstrasi pada pembelajaran alat ukur di SMP terhadap hasil belajar, keterampilan proses sains, karakter, aktivitas dan sikap siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Gadingrejo pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VII1. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Pengaruh terhadap hasil belajar dapat diukur dengan melihat nilai N-Gain dari nilai pretest dan posttest, keterampilan proses sains, karakter dan aktivitas dapat diukur dengan lembar instrumen KPS, karakter dan aktivitas yang dilakukan dengan mengamati kegiatan siswa selama pembelajaran berlangsung, sedangkan sikap siswa dapat diukur dengan menggunakan angket sikap yang diberikan kepada siswa di akhir pertemuan. Hasil belajar siswa diuji Irfan Himawan menggunakan uji pair sample t-test, sedangkan hasil KPS, karakter, aktivitas dan sikap siswa diuji dengan M. Excel. Hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai substitute demonstrasi ditunjukkan dengan nilai N-Gain siswa, yaitu 70% sedang dan 30% rendah. Pada keterampilan proses sains, karakter dan aktivitas siswa dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai substitute demonstrasi terus mengalami peningkatan disetiap pertemuannya, sedangkan sikap siswa menunjukkan sikap positif dan rasa senang setelah melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai substitute demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai substitute demonstrasi dapat meningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa dan dapat menumbuhkan keterampilan proses sains, karakter, aktivitas dan sikap positif siswa terhadap pembelajaran alat ukur. Kata kunci: aktivitas, karakter, keterampilan proses sains, media tik tutorial, substitute demonstrasi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 20 May 2014 01:33 |
Terakhir diubah: | 20 May 2014 01:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1654 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |