ANALISIS PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA TOKO BUKU FAJAR AGUNG DI BANDAR LAMPUNG

0611011101, Novita Rahmah Dina (2012) ANALISIS PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA TOKO BUKU FAJAR AGUNG DI BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK1.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kesimpulan dan saran.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pendahuluan.pdf

Download (218Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Toko Buku Fajar Agung merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan buku dan alat-alat tulis kantor (ATK). Saat ini, Toko Buku Fajar Agung terdapat di tiga tempat yaitu, di jalan Raden intan No 61, di Jl. KartiniNo 12-17, dan di Teluk Betung. Penelitian ini dilakukan pada Toko Buku Fajar Agung Raden Intan yang memfokuskan menjual buku dan ATK secara eceran. Toko buku Fajar Agung dipimpin sendiri oleh Bapak Toni Wijaya, S.E selaku pemilik dan Direktur utama. Toko Buku yang bergerak di bidang penjualan buku dan alat tulis kantor (ATK) ini berusaha untuk menerapkan sistem kepemimpinan yang efektif untuk menciptakan kepuasan kerja bagi karyawannya. Menurut Gary Yukl, beberapa ukuran yang dapat digunakan untuk mengukur efektifitas adalah Seberapa jauh unit organisasi tersebut berhasil menunaikan tugas pencapaian sasarannya. Contoh: produktivitas, Sikap para pengikut terhadap pemimpin,contoh: ketidakhadiran, keluar masuk karyawan dan Kontribusi pemimpin pada kualitas proses kelompok yang dirasakan oleh para pengikut/pengamat dari luar. Walaupun tingkat absensi karyawan cukup rendah, namun hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja karyawan lain dikarenakan jam kerja setiap karyawan per hari cukup tinggi . Novita Rahmah Dina Selain itu, produktivitas karyawan yang cukup rendah dan tingkat perputaran karyawan yang cukup tinggi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan.Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang dirumuskan adalah: “Bagaimanakah Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Toko Buku Fajar Agung Bandar Lampung?” Alat analisis kuantitatif yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 12.0. dan diperoleh hasil Y = 9,355+0,312X1+0,333X2+0,324X3+et yang berarti jika terjadi peningkatan Perilaku Kepemimpinan yang berorientasi tugas sebesar satu satuan, maka akan diikuti dengan peningkatan kepuasan kerja karyawan sebesar 0,312 satuan, jika terjadi peningkatan Perilaku Kepemimpinan yang berorientasi hubungan sebesar satu satuan, maka akan diikuti dengan peningkatan kepuasan kerja karyawan sebesar 0,333 satuan, jika terjadi peningkatan Perilaku Kepemimpinan yang berorientasi perubahan sebesar satu satuan, maka akan diikuti dengan peningkatan kepuasan kerja karyawan sebesar 0,324 satuan.. Sedangkan R2 = 0,709 atau 70,90 % artinya kepuasan kerja karyawan 70,90 % dipengaruhi oleh perilaku kepemimpinan, sisanya 29,10 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu t1 hitung > ttabel 2,152>2,052, t2hitung > ttabel yaitu 2,144>2,052, dan t3hitung > ttabel yaitu 2,318>2,052 pada tingkat kepercayaan 95 %, artinya terdapat pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap kepuasan kerja karyawan, sehingga terbukti bahwa perilaku kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Berdasarkan hal tersebut, saran yang diberikan untuk Toko Buku Fajar Agung adalah agar selalu berupaya untuk meningkatkansistem kepemimpinan yang efektif sebagai salah satu faktor pendorong kepuasan kerja karyawan juga sebagai salah satu patokan atau dasar dari keberhasilan perusahaan. Abstract Fajar Agung Book Store is one of company which sell books and stationery. Nowadays, Fajar Agung Book Store has three places-in Raden intan street No 61, in Kartini street No 12-17, and in Teluk Betung. This research is done at Agung Book Store Raden Intan which foccusing in selling books and stationery by retail. Fajar Agung Book Store is led by Mr. Toni Wijaya, S.E as the owner and the prime director. This Bookstore tries to apply leadership system efectively for creating job satisfaction by its employees. According to Gary Yukl, some measurement used for measuring leadership effectiveness are productivity, take attendance, and employees turn over. Eventhough employees take attendance level low enough, but it can influence the others employees performance because of time working every employees per day is high enough. Novita Rahmah Dina Beside of that, employees productivity ,which is low enough and employees turn over influences toward employees job satisfaction. Therefore Formulated Problem is: “How about the influence of leadership behaviour toward Employee Job Satisfaction at Fajar Agung Book Store Bandar Lampung?” Based on linear regression analysis applied SPSS 12.0 results Y=9,355+0,312X1+0,333X2+0,324X3+et ,which means if leadership behavior which task orionted increases for about one, it will be followed by increasing of employee’s working satisfaction for about 0,312, if leadership behavior which relationship orionted increases for about one, it will be followed by increasing of employee’s working satisfaction for about 0,333, if leadership behavior which change orionted increases for about one, it will be followed by increasing of employee’s working satisfaction for about 0,324. Leadership Behaviour (R2) affects employee’s working satisfaction for 70,90% and the rest of 29,10% is affected by other factor unexamined in this research. Hypotheses was tested under t-test and resulted that arithmetic t > table t that is t1 arithmetic > ttable 2,152>2,052, t2 arithmetic > ttable 2,144>2,052, and t3 arithmetic > ttable 2,318>2,052 on significance of 95%, which means that there is the influence between leadership behaviour with employee’s working satisfaction. The result of this research suggests that the company should always increase effective leadership system as one of factor which encourage the employee’s working satisfaction and also as one of standard in company’s success

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:17
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18006

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir