Rika Permatasari, 0853024040 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Talang Padang,Tanggamus TP. 20013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
1. Cover Depan Revisi hasil.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalem.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Halaman Persetujuan Revisi hasil.pdf Download (914Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Halaman pengesahan Revisi hasil.pdf Download (467Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Pernyataan skripsi mahasiswa Revisi hasil.pdf Download (264Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Riwayat Hidup.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Persembahan Revisi hasil.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Motto Revisi hasil.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (260Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (381Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Talang Padang dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIb dan VIId yang dipilih secara Purposive Sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-U, dan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain eksperimen (68,89 ) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (44,51). Aktivitas belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 79,04% lebih tinggi,Dibandingkan dengan kelas yang mengggunakan metode diskusi sebesar 73,96%. Dan aspek aktivitas yang diamati tertinggi pada kelas eksperimen yaitu mengajukan pertanyaan dengan kreteria baik sedangkan untuk kelas kontrol tertinggi pada bekerja sama dengan teman anggota kelompok dengan kreteria baik. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : STAD, Metode Diskusi, Aktivitas belajar, Hasil belajar, dan Pengelolaan Lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2050557 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 07:26 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 07:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18233 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |