PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 CIMARIAS KECAMATAN BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2009-2010

0613053003, Agung Heri Prasmanto (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 CIMARIAS KECAMATAN BANGUNREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2009-2010. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613053003-ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053003-kesimpulan.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613053003-pendahuluan.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 01 Cimarias Tahun Pelajaran 20092010. Berdasarkan hasil ulangan harian pada materi perkalian dan pembagian, 10 siswa (50%) belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 6,5. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan Pendekatan SAVI pada mata pelajaran Matematika di kelas tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Pelaksanaannya dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas melalui siklus perencanaan observasi. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi, tes formatif dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase aktivitas SAVI peserta didik mulai dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I sebesar 25%, siklus II sebesar 55%, dan siklus III sebesar 75% dengan KKM secara klasikal yaitu 60%. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I sampai dengan siklus III, yaitu siklus I sebesar 25%, siklus II sebesar 65%, dan siklus III sebesar 95% dengan KKM secara klasikal yaitu 60%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Cimarias tahun pelajaran 2009-2010.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:30
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18720

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir