HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813031004, EVO ALVAREZA (2012) HUBUNGAN ANTARA CARA BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Depan.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover, Judul, Pengesahan, Pernyataan, Riwayat Hidup2.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO ku.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Persembahan.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (297Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 4.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (369Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab 5.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lembaga pendidikan merupakan salah satu tempat untuk menempa peserta didik untuk menjadi manusia yang berkualitas yakni memiliki bekal ilmu pengetahuan dan keahlian. Untuk melihat sejauh mana kualitas dari suatu lembaga pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan hasil dari usaha belajar seseorang yang ditandai dengan adanya proses perubahan menjadi lebih baik. Hasil belajar yang baik tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar yaitu diantaranya cara belajar, disiplin belajar, dan pemanfaatan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara cara belajar, disiplin belajar, dan pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Expostfacto dan tergolong sebagai penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini berjumlah 93 orang dengan jumlah sampel berdasarkan rumus T. Yamane sebanyak 75 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Probability Samplingdengan menggunakan Proportional Random Sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi dan penyebaran kuesioner kepada sampel. Pengujian hipotesis ke 1, ke 2, dan ke 3 menggunakan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan untuk pengujian Evo Alvareza hipotesis ke 4 menggunakan rumus Korelasi Multiple dengan memanfaatkan media program SPSS (Statistical Program For The Social Science)16.0. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment yang menunjukkan bahwa r = 0,677 dan tingkat signifikansi koefisien korelasi menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 6,063 > 1,993 dengan dk = n-2 dan ɑ = 0,05atau tingkat sig. < 0,05 yaitu 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. 2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sragi kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment yang menunjukkan bahwa r = 0,787 dan tingkat signifikansi koefisien korelasi menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 8,921 > 1,993 dengan dk = n-2 dan ɑ = 0,05 atau tingkat sig. < 0,05 yaitu 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. 3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sragi kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment yang menunjukkan bahwa r = 0,683 dan tingkat signifikansi koefisien korelasi menunjukkan bahwa t hitung> t tabel yaitu 7,640> 1,993 dengan dk = n-2 dan ɑ = 0,05 atau tingkat sig. < 0,05 yaitu 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. 4. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar, disiplin belajar, dan pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sragi kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi product moment yang menunjukkan bahwa R = 0, 683 dan tingkat signifikansi koefisien korelasi menunjukkan bahwa F hitung> F tabel 39,823 >3,978 dengan dk = nk-1 dan ɑ = 0,05 atau tingkat sig. < 0,05 yaitu 0,000. Maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:54
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20850

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir