PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVA SD NEGERI 2 BUMIHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fitri Handayani, 1113053044 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IVA SD NEGERI 2 BUMIHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (284Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (176Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (727Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 2 Bumiharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran IPS yang ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 33,33% dengan KKM 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament.. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa aktif siklus I sebesar 52,38% dan siklus II sebesar 76,19% mengalami peningkatan sebesar 23,81%. Ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 66,67% dan siklus sebesar II 80,95% mengalami peningkatan sebesar 14,28%. Rata-rata hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 57,94% “cukup baik” dan siklus II sebesar 64,13%% “baik” mengalami peningkatan sebesar 6,19%. Rata-rata hasil belajar Psikomotor pada siklus I sebesar 59,21% “cukup terampil” dan siklus II sebesar 67,7% “terampil” mengalami peningkatan sebesar 8,49%. Penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa IVB SD Negeri 2 Bumiharjo. Kata kunci: aktivitas, cooperative learning tipe teams games tournament, hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 1538549 . Digilib
Date Deposited: 19 Feb 2016 08:34
Terakhir diubah: 19 Feb 2016 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21124

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir