PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 NGAMBUR TAHUN 2012/2013

Lekat Syahruddin, DONI ANDESKA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 NGAMBUR TAHUN 2012/2013. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN MENYETUJUI.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN MENGESAHAN.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (266Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (712Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar bidang studi PKn khususnya materi hubungan internasional pada siswa kelas XI IPS1 semester II SMA Negeri 1 Ngambur dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa partisipasi siswa dan prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi proses pembelajaran, catatan di dalam pembelajaran dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan partisipasi belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase partisipasi dan prestasi siswa pada siklusnya. Siklus I persentase partisipasi siswa 55,18% dan persentase prestasi siswa 52,50 %. Pada siklus II persentase partisipasi siswa naik menjadi 64,51% dan persentase prestasi siswa 65,79%, dan pada siklus III terdapat partisipasi siswa sebesar 83,33% dan prestasi siswa 77,5%, dengan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 45. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing, partisipasi dan prestasi This research aims to increase the participation and civic education learning achievement of students class XI social studies SMAN 1 Ngambur at international relationship material by implementing cooperative learning kancing gemerincing type. It is a kind of class action research which is done in three cycles of action. The data obtained are in the form of student’s learning process and achievement. While the instrument used are test, learning observation sheet, field notes, and documentation. The results showed that the implementation of cooperative learning kancing gemerincing type can increase student’s learning participation and student achievement. It is proved by seeing the increasing Of those percentage in each cycles. In the first cycle the percentage of student’s participation is 55,18% and student’s achievement 52,50%. In the second cycle the percentage of student’s participation and achievement are increase. The percentage of student’s participation becomes 64,51% and the achievement 65,79%. In the third cycle the percentage of student’s activity reach 83,33% and the percentage of student’s achievement 77,5%, with the highest score 100 while the lowest 45. Key words : the kancing gemerincing type, participation and achievement

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HV Social pathology. Social and public welfare
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Jul 2014 04:56
Terakhir diubah: 05 Jul 2014 04:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir