STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN BERAS ANALOG DI DESA WIRA AGUNG SARI KECAMATAN PENAWARTAMA TULANG BAWANG

RUKMINI SUSILOWATI , (1524051002) (2017) STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN BERAS ANALOG DI DESA WIRA AGUNG SARI KECAMATAN PENAWARTAMA TULANG BAWANG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1278Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2058Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Beras analog adalah makanan fungsional dan merupakan salah satu bentuk diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal yaitu berasal dari ubi kayu yang mengalami pengolahan sehingga berbentuk butiran-butiran seperti beras. Salah satu produsen beras analog di Provinsi Lampung yaitu Kelompok Wanita Tani Toga Sari yang berada di Desa Wira Agung Sari. Dalam pelaksanaan kegiatan produksi beras analog terdapat beberapa kendala baik kendala internal maupun eksternal yang mempengaruhi berkembangnya industri serta mempengaruhi pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi alternatif strategi pengembangan dan pemasaran beras analog serta menentukan dan menyusun strategi pengembangan dan pemasaran beras analog di Desa Wira Agung Sari. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus Teknik pengumpulan data responden dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara langsung. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara, kuisioner, pengamatan serta pencatatan langsung tentang keadaan di lapangan Sedangkan data sekunder diperoleh melalui analisis dokumen-dokumen atau dengan studi dokumentasi yaitu mempelajari dan mengamati dokumen catatan tertulis atau arsip yang relevan dengan penelitian terkait. Hasil analisis SWOT menunjukan bahwa strategi pemasaran yang tepat untuk agroindustri beras analog yaitu strategi pertumbuhan yang agresif. Industri kecil beras analog memiliki situasi yang sangat menguntungkan, industri tersebut memiliki kekuatan untuk mengatasi ancaman dan memiliki peluang untuk mengatasi kelemahan sehingga dapat memanfaatkan untuk memperluas wilayah pemasaran. Sedangkan untuk strategi pengembangan yang tepat untuk agroindustri beras analog di Desa Wira Agung Sari yaitu melakukan strategi diversifikasi, yang artinya agroindustri beras analog tersebut dalam posisi yang bagus akantetapi masih menghadapi beberapa tantangan. Peningkatan strategi dapat dicapai dengan meningkatkan jumlah produksi yang diimbangi dengan memperluasnya jaringan pemasaran dan meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan serta meningkatkan kerja sama dengan pemerintahan untuk lebih meningkatkan jumlah produksi Kata kunci : Beras analog, strategi pemasaran, strategi pengembangan abstract Artificial race is a functional food and one of the diversification of food besed on local resources that is derived from cassava processing so as to from granules such as rice. One of producers of artificial rice in Lampung Province is Toga Sari groups of woman farmers located in Wira Agung Sari village. In the implementation of artificial riceproduction activities there are some obstacles both internal and external constraints that effect the development of the industry and affect the marketing products. This study aims to identify alternative strategies the development and marketing strategies ofartificial rice and determine and arrange development and marketing strategies of artificial rice in Wira Agung Sari village. The research method used in this research is case study technique of collecting respondent dta is done by using questioner an direct interview. The data collected in this study consist of primary data and secondary data. Primary data obtained from interviews, questionnaries, observation and direct recort of the situation in the field. While the secondary data obtained the analysisof document or by study documentation that is studying and observing document written records or archives relevant to related research. The result of SWOT analysis shows that the right marketing strategy for artificial rice agroindustry is aggressive growth strategy. The small industry of artificial race has very favorable situation, the industry has the power to overcome the threat and has the opportunity to overcome the weakness so that it can utilize to expand the territory of the insection. As of the right development strategy for artificial rice agroindustry in Wira Agung Sari village is doing diversification strategy, which means that artificial rice agroindustry is an good position but still faces same dare. Improved strategies can be achieved by increasing the amount of production offset by expanding marketing networks and improving the quality of the production result and enhancing coorperation with goverments to further increase production. Keywords : Artificial rice, marketing strategy, development strategy

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > Pertanian ( Umum )
> Memproduksi
> Memproduksi
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Teknologi Industri Pertanian
Pengguna Deposit: 89770290 . Digilib
Date Deposited: 26 Oct 2017 07:54
Terakhir diubah: 26 Oct 2017 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28956

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir