k Daman EP, NANANG RISWANTORO (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD PADA SISWAKELAS IV SD MUHAMMADIYAH WARINGINSARI KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (284Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (233Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (147Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (177Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (76Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3027Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran coope rati ve tipe ST AD. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa pada setiap akhir siklus. Aspek yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa tentang bertanya, menjawab pertanyaan, dan diskusi pada mata pelajaran IPA. Aktivitas penelitian pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah Waringinsari setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar IPA siswa 53,33% dengan persentase ketuntasan 60%, siswa yang mencapai KKM 12 siswa dan yang tidak mencapai KKM 8 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar IPA siswa 65,00% dengan persentase ketuntasan 80%, siswa yang mencapai KKM 16 siswa dan yang tidak mencapai KKM 4 siswa. Pada siklus III nilai rata-rata aktivitas belajar IPA siswa 75,83 dengan persentase ketuntasan 90%, siswa yang mencapai KKM 18 siswa dan yang tidak mencapai KKM 2 siswa. Dari ketiga siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Peningkatan nilai rata-rata aktivitas dari siklus I ke siklus III 36,67%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 6 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus III, bahwa model pembelajaran cooperati ve tipe ST AD yang diterapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Tipe (STAD)
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 11 Jan 2014 04:18 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2014 04:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/369 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |