Abdul, Uswatun Huriyah (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IVA SDN 1 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (467Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (124Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (439Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (9Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IVA SDN 1 Metro Barat tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match di kelas IVA SDN 1 Metro Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match pada mata pelajaran PKn kelas IVA SDN 1 Metro Barat berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (52,40%), pada siklus II (60,33%) terjadi peningkatan sebesar 7,92%, pada siklus III (77,40%) dan terjadi peningkatan sebesar 17,77%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (60,19), pada siklus II (73,08) meningkat sebesar 12,89, pada siklus III (80,19) dan terjadi peningkatan sebesar 7,11. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Index Card Match, PKn.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 08:31 |
Terakhir diubah: | 10 Jan 2014 08:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/379 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |