PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TEMA PERISTIWA PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 2 GADINGREJO 2012/2013

M.Harun, ZUBAIDAH (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TEMA PERISTIWA PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 2 GADINGREJO 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (278Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (217Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (392Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (899Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa serta kinerja guru yang cenderung menggunakan model pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secara aktif. Dari 26 orang, 15 orang (57,70%) tuntas dengan KKM 60. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema peristiwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur dilaksanakan melalui tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar instrument aktivitas siswa, lembar instrument kinerja guru dan lembar soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada tema peristiwa berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (65,85%) dengan kategori “Cukup” meningkat sebesar 9,53% pada siklus II menjadi (75,38%) dengan kategori “Baik” dan terjadi peningkatan sebesar 9,70% pada siklus III menjadi (85,08%) dengan kategori “Baik sekali”. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang telah tuntas mencapai 65,38% dengan kategori “Cukup” meningkat sebesar 11,54% menjadi 76,92% pada siklus II dengan kategori “Baik” dan terjadi peningkatan sebesar 19,23% menjadi 96,15% pada siklus III dengan kategori “Baik sekali”. Kata kunci: Model kooperatif tipe jigsaw, aktivitas dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 11 Jan 2014 04:20
Terakhir diubah: 11 Jan 2014 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir