MAULINDA PUTRI PRASOJO, 1013053065 (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 NUNGGALREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (2776Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
HGALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (3756Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (330Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (340Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (949Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di kelas IV B SD Negeri 1 Nunggalrejo, didapatkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat pada hasil belajar ujian semester ganjil, dari 23 siswa kelas IV B dengan nilai ketuntasan minimal (KKM) 66, hanya 10 siswa atau 43,48% yang tuntas dan 13 siswa lainnya atau 56,52% belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B dengan menerapkan pendekatan kontekstual melalui media grafis pada Pembelajaran Tematik. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas berbentuk siklus dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan tes tertulis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I (65,21%) kategori aktif, pada siklus II menjadi (78,26%) kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar secara berturut-turut yaitu kognitif siklus I (68,98) persentase (73,91%) kategori tinggi, siklus II menjadi (74,39) persentase (82,6%) kategori sangat tinggi. Afektif siklus I (69,83) persentase (78,86%) kategori membudaya, siklus II menjadi (74,46) persentase (86,95%) kategori membudaya. Psikomotor siklus I (59,78) persentase (69,56%) kategori cukup terampil, siklus II menjadi (73,93) persentase (86,95%) kategori terampil. Kata kunci: pendekatan kontekstual, media grafis, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 04:09 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2014 04:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/3994 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |