PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI PELATIHAN DASAR TEATER DI KELAS VIII SMPN 9 METRO

Hadi, Rifian (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MELALUI PELATIHAN DASAR TEATER DI KELAS VIII SMPN 9 METRO. Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Rifian Hadi_Cover.pdf

Download (257Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Rifian Hadi_ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Rifian Hadi_Daftar Isi.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Rifian Hadi_Bab I.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Rifian Hadi_Bab II.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Rifian Hadi_Bab III.pdf

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Rifian Hadi_Bab IV.pdf

Download (457Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Rifian Hadi_Bab V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Rifian Hadi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mendeskipsikan: 1) Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) proses pembelajaran, 3) peningkatan kemampuan berbicara melalui pelatihan dasar teater kelas VIII di SMPN 9 Metro. Rancangan penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas dengan 3 Siklus, Siklus I menggunakan metode latihan olah vocal, Siklus II mengunakan metode latihan olah tubuh, Siklus III mengunakan metode olah konsentrasi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan lembar penilaian RPP, lembar penilaian aktifitas siswa dan penilaian hasil berbicara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) kualitas RPP yang dibuat guru, siklus I nilai 24 (katagori sedang), siklus II nilai 33 (katagori baik), dan siklus III nilai 37 (katagori sangat baik); 2. Aktifitas belajar siswa dalam proses pembelajaran meningkat, siklus I siswa yang aktif 16 %, siklus II siswa yang aktif 55% dan siklus III siswa yang aktif 98%; 3) Sistem penilaian peninkatan keterampilan berbicara mengunakan rubrik penilaian berbicara, diukur saat siswa mengungkapkan perasaan dan pikiranya setelah pelatihan dasar, diskusi kelompok dan bermain drama pendek, Pada siklus I, II,dan III aspek artikulasi memiliki skor sebesar 66 (cukup) , 79 (baik) dan meningkat menjadi 92 ( baik). Aspek penggunaan bahasa baku/daerah mengalami peningkatan sebesar 25 (0,66). Skor keseluruhan siklus I, II aspek penggunaan bahasa baku/daerah adalah sebesar 59 (kurang), 73 (cukup) dan pada siklus III meningkat menjadi 84 (baik). Peningkatan yang terjadi pada siklus I sampai siklus III pada aspek keberanian adalah sebesar 36 (0,94), yaitu dari 54 (kurang) naik menjadi 90 (baik). Aspek kelancaran mengalami peningkatan sebesar 26 (0,68), dari skor pada siklus I, II sebesar 62 (cukup) dan 71 (baik) menjadi 88 (baik). Aspek gerak-gerik/mimik mengalami peningkatan sebesar 39 (1,02), skor siklus I, II aspek ini adalah sebesar 45 (kurang), 65 (cukup), dan pada siklus III meningkat menjadi 84 (baik). Aspek terakhir adalah kenyaringan vokal/suara mengalami peningkatan sebesar 33 (0,86) dari skor 49 (kurang), 63 (cukup) pada siklus I dan II menjadi 82 (baik) pada siklus III. Kata Kunci: peningkatan kemampuan berbicara, pelatihan dasar teater, penelitian tindakan kelas. The Purposes of this research are to describe: 1) Quality of lesson plan (RPP), 2) Learning process, 3). Through basic training theater in learning Indonesian Language and Literature are expected to increase students’ speaking skills in Class VIII of SMPN 9 Metro The planning of research uses a class activity research which consists in three cycles, there are cycle I use basic training voice, cycle II use basic training body and cycle III use basic training concentration like using in theater’s training. Collecting data of research is done by assessment sheet of lesson plan, assessment sheet of students’ activity and rubric assessment of speaking. Data were analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. The results of the research is 1) Quality of lesson plan which is made by teachers are cycle I score 24 is enough categories, cycle II score 33 is good categories and cycle III score 37 is excellent category, 2) Students’ activity on learning process are increasing are cycle I active students are 16 % , cycles II 55% and cycle III 98 %s , 3) the Improving of student ability in speaking in class VIII from 317 (8,34) to 520 or 13,68. In cycle I, II, and III . aspects of articulation has a score of 66 (1,60), 79 (2,07), and increase to 92 (2,42) in cycle III. Aspects of the use of standard language/region increased by 25 (0,66). Overall scores of cycles I, II aspects of the use of standard language/region amounted to 59 (1,55), 73 (1,92) and the third cycle increased to 84 (2,21). The increase that occurred in cycle I to cycle III on aspects of courage are by 36 (0,94), ie from 54 (1,42) rose to 90 (2,36). Aspects of fluency increased by 26 (0,68), the score on cycles I, II by 62 (1,63) and 71 (1,86) to 88 (2,31). Aspects mimic increased by 39 (1,02), scores cycles I, II this aspects is by 45 (1,18), 65 (1,71), and the third cycles increase 84 (2,21). The final aspect is the loudness of vocal/noise increased by 33 (0,86) from the score of 49 (1,28), 63 (1,65) in cycle I and II to 82 (2,15) in cycle III. Key Word: The Improving of student speaking, basic exercise of theater, class room research

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 07:59
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir