PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

AS, Zainon (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Zainon_COVER.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Zainon_ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Zainon_KATA PENGANTAR.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Zainon_DAFTAR ISI TABEL.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Zainon_BAB I.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Zainon_BAB II.pdf

Download (430Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Zainon_BAB III.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Zainon_BAB IV.pdf

Download (357Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Zainon_BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Zainon_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan pembelajaran dengan penggunakan tipe GI: 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan tipe GI; 3) Sistem evaluasi pembelajaran dengan tipe GI dan 4) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model GI pada pelajaran PKn kelas VIII. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Siklus pertama pembelajaran tipe GI dengan memberikan tanggung jawab secara keseluruhan pada kelompok, siklus kedua pembelajaran tipe GI dengan memberikan tanggung jawab secara berpasangan untuk melakuan investigasi dengan cara berdiskusi kelompok, dan siklus ketiga pembelajaran tipe GI dengan memberikan tanggung jawab secara pribadi dengan investigasi dan pemecahan masalah secara kelompok. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Perencanaan pembelajaran diukur dengan menggunakan penilaian APKG, dengan hasil Siklus I adalah kurang baik, Siklus II cukup baik dan Siklus III baik, 2) Pembelajaran kontekstual Model Kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas siswa mulai dari Siklus I sampai dengan Siklus III 3) Sistem evaluasi pembelajaran pembelajaran PKn dengan model Group Investigation (GI) dilaksanakan dengan pengujian validitas dan reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran soal sedang dan daya beda soal tinggi. 4) Penerapan pembelajaran kontekstual Model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar mulai dari Siklus sampai dengan Siklus III Kata kunci: Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Group Investigation The aims of this research are: (1) to describe the planning of Civic Education learning trough cooperative learning with GI Type (2) to describe the implementation of Civic Education learning trough cooperative learning with GI Type (3) to describe the evaluation system of civic education learning trough cooperative learning with GI Type (4) to describe the learning achievement of Civic Education after implemented cooperative learning with GI Type. This Classroom Action Research applied on students Class VIII A and VIII B SMP Negeri 19 Bandar Lampung. The first cycle of the GI Type of learning by giving overall responsibility to the group, the second cycle of the GI Type of learning by giving responsibility in pairs to conduct an investigation by way of discussion groups, and third cycles of the GI Type of learning by providing personal responsibility with the investigation and problem solving as a group. The results can be concluded: 1) Lesson planning measured by using assessment of APKG, with the results of Cycle I is less well, Cycle II is good enough and Cycle III is well, 2) Learning implementation of Cooperative Group Investigation (GI) may increase the activity of students, at Cycle I to Cycle III3) The evaluation system of civic education learning trough cooperative learning with GI applied by testing the validity and reliability is high, the level of difficulty is middle and different matter, is high. 4) Learning achievement of Civic Education after implemented cooperative learning with GI Type increased at Cycle Ito Cycle III. Keywords : Learning Achievement of Civic Education, Group Investigation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:00
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 08:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir