Chindy Permata Sari, 1013031027 (2014) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN PBI (PROBLEM BASED INTRODUCTION) DENGAN MEMPERHATIKAN CARA BERPIKIR DIVERGEN DAN KONVERGEN PADA SISWA KELAS X IPS SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (339Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (362Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (530Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini mengkaji tentang Studi perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan PBI (Problem Based Introduction) pada mata pelajaran ekonomi dengan memperhatikan cara berpikir Divergen dan Konvergen kelas X IPS semester genap di SMA YP Unila Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 166 siswa dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 85 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, tes, dan kuesioner/angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut (1) ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tipe Scaffolding dibanding PBI, (2) hasil belajar Ekonomi pada siswa yang berpikir konvergen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding lebih tinggi dibandingkan PBI, (3) hasil belajar Ekonomi pada siswa yang berpikir divergen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding lebih rendah dibandingkan PBI, (4) ada perbedaan hasil belajar siswa yang berpikir divergen dan konvergen yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe Scaffolding pada mata pelajaran Ekonomi, (5) ada perbedaan Hasil belajar siswa yang berpikir divergen dan konvergen yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe PBI pada mata pelajaran Ekonomi, (6) ada perbedaan hasil belajar ekonomi bagi siswa yang berpikiran divergen dan konvergen, (7) Ada Interaksi antara model pembelajaran Scaffolding dan PBI dan cara berpikir Divergen dan Konvergen. Kata kunci: Cara berpikir, Ekonomi, Hasil belajar, Model PBI, Model Scaffolding
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 02:16 |
Terakhir diubah: | 17 Oct 2014 02:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4202 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |