Abu Nawa, EMBUN SURI (2013) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI PKn SISWA KELAS IV SDN 3 PAKUAN RATU KECAMATAN PAKUAN RATU KABUPATEN WAYKANAN TAHUN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (58Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (599Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1703Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi dari SDN 3 Pakuan Ratu Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Waykanan, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn menggunakan Media gambar. Prosedur penelitian ini menggunakan metode PTK berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Observasi menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan hasil belajar diukur menggunakan soal-soal tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 3 Pakuan Ratu Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Waykanan Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini berdasarkan pada peningkatan ratarata aktivitas siswa pada siklus 1 rata-rata skor aktivitas siswa hanya 56 dan kemudian meningkat menjadi 67 pada siklus 2. Rata-rata kinerja guru mengalami peningkatan dari siklus 1 adalah 77,6 menjadi 83,5. Dan rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 61 menjadi 65. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan meggunakan Media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Pakuan Ratu Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Waykanan Tahun 2012/2013. Kata Kunci: Media gambar, Aktivitas, Hasil Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:05 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/453 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |