PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 METRO

Rochmawati, Rochmawati (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 METRO. Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
Rochmawati_Halaman Depan.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rochmawati_Abstrak.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rochmawati_Bab I.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rochmawati_Bab II.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rochmawati_Bab III.pdf

Download (316Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rochmawati_Bab IV.pdf

Download (382Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rochmawati_Bab V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rochmawati_Daftar Pustka.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) pola perbaikan rencana pembelajaran(RPP), 2) proses pembelajaran, 3)sistem evaluasi, 4) prestasi mengarang siswa dengan media gambar di kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Metro Penelitian terbagi menjadi 3 siklus, tindakan siklus pertama mengarang deskripsi dengan menggunakan media gambar cetak yang bertema “Jembatan Layang Ampera” ,siklus kedua mengarang deskripsi dengan media gambar cetak yang bertema “Pantai”, siklus tiga mengarang deskripsi dengan media gambar cetak yang bertema“Gedung SMAN 4 Metro’ Alat pengumpul data dengan menggunakan lembar penilaian RPP, lembar aktivitas belajar siswa dan tes mengarang deskripsi. Hasil penelitian menunjukan 1) kualitas Perencanaan Pembelajaran pada siklus pertama tercapai nilai 70 (katagori sedang), dan siklus kedua tercapai nilai 80 (katagori baik), serta siklus ketiga perencanaan pembelajaran tercapai nilai 87,5 (katagori sangat baik), 2) aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran meningkat, siswa aktif di kelas X2 tercapai persentase aktivitas sebesar 51,28% pada siklus pertama, pada siklus kedua siswa yang aktif tercapai 64,10% dan pada siklus ketiga tercapai siswa aktif sebesar 84,51%. Di kelas X3 aktivitas belajar siswa yang aktif tercapai 52,63%, siklus kedua tercapai 68,42%, dan siklus ketiga tercapai 84,21%. Sistem evaluasi dilakukan secara tertulis, bentuk soal uraian, Siklus pertama nilai validitas 0,820 (kuat), reliabilitas nilai 0,89 (kuat),tingkat kesukaran 85,23 (mudah); Siklus kedua nilai validitas 0,837 (kuat), relibilitas nilai 0,83 (kuat), tingkat kesukaran 82,95 (mudah); Siklus ketiga nilai validitas 0,573 (sedang), reliabilitas nilai 0,45 (sedang), tingkat kesukaran 86,36(mudah).4) siswa yang tuntas pada siklus pertama kelas X2 (51,28% ) kelas X3 (52,63% ) Siklus kedua kelas X2 (64,10% ) kelas X3 ( 65,78%) dan pada siklus ketiga kelas X2 ( 84,61%) kelas X3 (86,84%) Kata Kunci: Kemampuan Menulis Deskripsi, Media Gambar The main purpose in these research are 1) describe the learning implementation plan, 2) describe implementation in writing, 3) describe the evaluation that used in writing and 4) describe student achievement in writing by using picture media. This study was an action research which was done in SMAN 4 Metro. These research consist of three cycles, the action in first cycle description writing by printing media picture about ‘Sky Bridge”. The second cycle writing description by printing media picture about” Beach”The third cycle writing description by printing picrure media about “SMAN 4 Metro” the tools of data by using Plan and implementation study sheet, study activities sheet, and writing description tes. The result of the research can be; 1) Plan and implementation study quality on first cycle reached on 70 (medium), and second cycle reach on 80 (good), so third cycle Plan and implementation study reach on 85 (better); 2)increasing study activity process, active student in X2 reached on 51,28% for the first cycle. Meanwhile in second cycle, active student reached 64,10% and in the third cycle active student reached 84,51%.In X3 Class, the active student reached 52,63%, second cycle 68,42%, and the third 84,21%. 3) Evaluation system was taken in writing system, the item were 8, in essay, First cycle the validity valued 0,820 (strong), reability valued 0,89 (strong), the difficulty level 85,23(easy),; Second cycle validity valued 0,837 (strong), reliability valued 0,83 (strong), difficulty level 82,95 (easy); the third cycle validity valued 0,573 (medium), reliability valued 0,45 (medium), difficulty level 86,36 (easy); 4) the student who reached For the first cycle in X2 (51,28%), X3(52,63%), second cycle X2 (64,10%), X3 (65,78%) and the third cycle X2 (84,61%). X3( 86,84%). Password: Description Writing Skill, Picture Media.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:05
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 08:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir