PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUKARAME DUA TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

Ibrahim, N.W, DESI MUTIA PUTRI (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUKARAME DUA TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (190Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sukarame Dua Teluk Betung Barat Bandar Lampung. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sukarame Dua Teluk Betung Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 siklus dan masing masing siklus terdiri dari 4 langkah kegiatan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa, untuk mengamati kinerja guru dalam mengajar menggunakan Lembaran IPKG, dan untuk menganalisis hasil belajar Matematika menggunakan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 47,50% (kurang baik), dan mengalami peningkatan di siklus II 72,49% (Cukup baik), atau meningkat sebesar 24,99%. hasil belajar Matematika siswa pada siklus I rerata nilai mencapai 57 (belum tuntas), mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,33 (tuntas). Dengan demikian nilai rerata siswa mengalami peningkatan 22,33. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Cooperatif Learning tipe Numbered Heads Together (NHT), ternyata mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika, karena siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran dan berperan aktif dalam materi yang dipelajari. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, matematika, Numbered Heads Together.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 16 Jan 2014 07:15
Terakhir diubah: 16 Jan 2014 07:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/479

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir