ASPEK SOSIAL DALAM WACANA INTERAKSI KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA - 1 SMA SUGAR GROUP, LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rudy Isbowo, 1223041032 (2014) ASPEK SOSIAL DALAM WACANA INTERAKSI KELAS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA - 1 SMA SUGAR GROUP, LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (251Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (358Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (347Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (251Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (250Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (111Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan aspek sosial dalam wacana interaksi kelas pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA-1 SMA Sugar Group Lampung Tengah tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa wacana percakapan lisan dalam interaksi kelas pada pelajaran bahasa Indonesia yang di dalamnya menggambarkan aspek sosial sebagai konteks pembangun wacana tuturan, yakni di kelas X IPA-1 SMA Sugar Group. Penentuan data dilakukan dengan memerhatikan tindak tutur antarpenutur dilihat dari aspek sosial penuturnya. Data penelitian diperoleh dengan cara mengamati, mewawancarai, merekam, mengklasifikasikan, dan mengelompokkan menurut jenis-jenisnya. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif meliputi kegiatan pengumpulan data, penelaahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya aspek sosial dalam tuturan interaksi kelas. Aspek sosial yang memengaruhi tuturan interaksi kelas meliputi (1) jarak sosial (skala hubungan sangat dekat, cukup dekat, dan cukup jauh), (2) status sosial (skala status sosial tinggi dan rendah), (3) formalitas (skala formal dan informal), (4) fungsi afektif dan referensial yang ditemukan pada konteks tertentu dan terbatas saja karena konteks tuturan lebih mengutamakan keformalan di dalam pembelajaran kelas. Kata kunci: aspek sosial, wacana interaksi kelas ABSTRACT The aims of research are to describe and explain social aspects that was happened in the class interaction in bahasa Indonesia lesson at the X IPA-1 of senior high school Sugar Group, Central Lampung 2013/2014. The method of research is qualitative descriptive method. The data is the discourse of conversation of the class interaction in bahasa Indonesia lesson which was described about social aspect as the improvement context at the tenth science a grade of senior high school Sugar Group. The data was done by observing, the speakers speech act from the social aspect of the speakers. The data was received by observing the interview, recorded, clarified, and arranged the data based on the categories. The data was analyzed by interactive analysis, they are collecting, research, reduction, presentation, and conclusion. The result of research shown that there is social aspect in the class interaction discourse. The social aspects are: (1) social gap (very close, close and far relation scale), (2) social status (high and low scale), (3) formality (formal and informal scale), (4) affective and reference function has found in the certain context and limited because the context is giving priority to formality in the learning process. Keywords: social aspects, discourse of conversation of the class interaction

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 5169696 . Digilib
Date Deposited: 31 Oct 2014 06:59
Terakhir diubah: 31 Oct 2014 06:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4954

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir