PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE CERAMAH PADA POKOK BAHASAN KONSEP, PRINSIP, PENDEKATAN, DAN ASPEK GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X MA SUBULUSSALAM SRIWANGI OKU TIMUR SUMATERA SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014

Indrian Agustina, 0913034045 (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE CERAMAH PADA POKOK BAHASAN KONSEP, PRINSIP, PENDEKATAN, DAN ASPEK GEOGRAFI PADA SISWA KELAS X MA SUBULUSSALAM SRIWANGI OKU TIMUR SUMATERA SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014. FAKULTAS KIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (260Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (465Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (635Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Rerata hasil belajar geografi yang lebih tinggi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibandingkan dengan metode ceramah. (2) Perbedaan peningkatan (gain) hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan metode ceramah. (3) Peningkatan (gain) hasil belajar geografi yang lebih tinggi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dibandingkan dengan metode ceramah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen semu (quasi eksperimental design) dan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan jamak. Objek penelitiannya adalah hasil belajar geografi mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan metode ceramah. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X MA Subulussalam Sriwangi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan rerata hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif think pair share dan perlakuan metode ceramah. Yaitu pada pembelajaran think pair share rerata hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dengan metoe ceramah. (2) Terdapat perbedaan peningkatan (gain) hasil belajar geografi dengan perlakuan model pembelajaran kooperatif think pair share dan metode ceramah. Peningkatan hasil belajar pada think pair share lebih tinggi dengan kategori sedang. Sementara itu, pada metode ceramah kategori peningkatannya rendah. Kata kunci: Ceramah, Hasil Belajar Geografi, Think Pair Share.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 14 Nov 2014 02:15
Terakhir diubah: 14 Nov 2014 02:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir