PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, MASAYU OKY ASMANINGTYAS (2011) PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (290Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (390Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1848Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kecerdasan emosional dapat ditingkatkan melalui konseling kelompok pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan emosional melalui konseling kelompok pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek dalam penelitian sebanyak 5 siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPA 2 yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala kecerdasan emosional. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung = 2,41 > ztabel = 2,132 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya kecerdasan emosional siswa yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran yang dapat diberikan kepada siswa adalah siswa hendaknya memanfaatkan layanan konseling kelompok yang diadakan oleh guru pembimbing untuk lebih meningkatkan kecerdasan emosionalnya, disarankan juga bagi guru pembimbing untuk memberikan layanan konseling kelompok dalam rangka membantu meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Untuk peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat menggunakan skala kecerdasan emosional sebagai bahan untuk mengetahui siswa yang memiliki kecerdasan yang rendah sebelum diberikan perlakuan layanan konseling kelompok. Kata Kunci : Kecerdasan emosional, konseling kelompok.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 17 Jan 2014 04:14
Terakhir diubah: 17 Jan 2014 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir