PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VA SDN 04 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ariyan Juned, NOLA SUSANTI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VA SDN 04 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (117Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2469Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (9Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN 04 Metro Pusat. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas VA SDN 04 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes formatif (kognitif). Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 53,83% (cukup aktif), siklus 2 meningkat menjadi 66,72% (aktif), dan siklus 3 mencapai 81,33% (sangat aktif). Hasil pembelajaran matematika pada siklus 1 diperoleh rata-rata nilai sebesar 56,02 dengan persentase ketuntasan 60% atau 12 siswa tuntas, rata-rata siklus 2 sebesar 69,31 dengan persentase ketuntasan 85% atau 17 siswa tuntas, dan nilai rata-rata siklus 3 sebesar 83,72 dengan persentase ketuntasan 100% atau 20 siswa tuntas. Hasil analisis dengan uji t-tes dengan taraf kepercayaan 5%, (dk): n-1 dan n = 20 ditemukan sebesar 2,093. Berdasarkan ketentuan tersebut, diperoleh hasil t hitung (siklus 1-2) = 10,30> t tabel = 2,093 dan t hitung (siklus 2-3) = 9,66 > t tabel = 2,093. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe TGT, aktivitas, dan hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 20 Jan 2014 05:31
Terakhir diubah: 20 Jan 2014 05:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir