ERI PURWANTI, 0913031084 (2013) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI ) DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA NEGERI 1 KALIREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. cover Luar.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. cover dalam.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Motto.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. BAB 1.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. BAB 2.pdf Download (207Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. BAB 3.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
File PDF
4. BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (300Kb) |
||
|
File PDF
5. Bab 5.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Melihat hasil belajar yang belum optimal, maka perubahan dalam proses pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan seharusnya mulai diterapkan disekolah. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk menciptakan proses pembelajaran tersebut adalah dengan mengubah metode pembelajaran yaitu dengan model pembelajaran kooperatif. Tujuan Penilitian ini adalah Mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan model pembelajaran kooperatif tipe PBL. Penelitian ini ter-golong penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalirejo tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 245 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel berjumlah 70 siswa dari dua kelas yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Kemudian, data dianalisis menggunakan rumus t-test untuk dua sampel besar yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan : (1) ada perbedaan hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL). (2) rata- rata hasil belajar ekonomi yang pem-belajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dibandingkan dengan yang pembelajarannya menggunakan model pem-belajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) dengan diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 79,37 sedangkan kelas pem-banding hanya 75,17, dengan mean difference sebesar 4,200 dan. thitung 3,873 > ttabel1,667. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, GI, PBL.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 02 Dec 2014 04:04 |
Terakhir diubah: | 02 Dec 2014 04:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5517 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |