PEMANFAATAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA AL ISMAILYUN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Hendri Dona, 0643034017 (2014) PEMANFAATAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA AL ISMAILYUN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (347Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (374Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (760Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar melalui pemanfaatan media powerpoint pada materi tata surya dan jagad raya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Al-Ismailyun Lampung Selatan tahun pelajaran 2013-2014. Subjek penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 40 orang siswa terdiri dari 21 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Data penelitian diperoleh dari observasi On Task dan Off Task dan tes. Analisis data menggunakan pemberian skor pada hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media powerpoint dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, jumlah siswa yang aktif 32,5% dan yang tuntas 30%, kemudian pada siklus II, jumlah siswa yang aktif 57,5% dan yang tuntas 50% dan pada siklus III jumlah siswa yang aktif 87,5% dan siswa yang tuntas 77,5%. Berdasarkan indikator keberhasilan maka proses pembelajaran siklus III dikatakan berhasil dan siklus dihentikan karena banyaknya siswa yang memperoleh nilai 70 (syarat minimal dikatakan tuntas belajar) sudah mencapai 70%. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Hal ini dikarenakan pada pembelajaran geografi menggunakan media powerpoint membuat siswa menjadi lebih bersemangat dan tidak bosan dalam belajar. Sehingga siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah. Dengan demikian aktivitas siswa yang berkemampuan rendah pun meningkat.Dan sebaliknya untuk siswa dengan kemampuan tinggi akan semakin terpacu dalam belajar. Aktivitas belajar geografi siswa yang tinggi akan menyebabkan hasil belajar geografi siswa pun akan meningkat karena aktivitas sangat menentukan intensitas belajar siswa. Kata kunci: media pembelajaran powerpoint, aktivitas, hasil belajar The purpose of this study to determine the increasing of activity and learning outcomes through the use of media powerpoint of the solar system and the universe. The method used in the research was a class act. The research was conducted in the 10th Grade of SMA Al-Islamilyun, South Lampung Academic year 2013-2014. The research subjects were 10th Grade of odd Semester by the number of 40 student consisted of 21 female students and 19 male students. Data were obtained from the observation of On Task and Off Task. Data analysis used the scoring on learning outcomes. This results showed that the used of powerpoint media can improve the activity and learning outcomes. This can be seen in the first cycle, the number of active student was 32,5%, and who completed was 30%; then in cycle II, the active student were 57,5% and who completed 50%; and cycle III, the number of avtive student was 87,5%, and who completed was 77,5%. Based on the indicators of the success, so the learning process on third cycle is successful and the sycle is stopped because of many students who earn of 70 (minimum requirement pass the study) has reached 70%. Based on the result obtained showed that the learning process by using powerpoint media can improve learning outcomes of geography for students. This is due to the learning of geography by using powerpoint media make students become more excited and not bored in learning so that students can understand the learning material more easily, thus the activity of low-ability students was also increased, and vice versa for student with high ability will be more motivated to learn. A high student activity on learning geography will lead to the increasing of student learning outcomes because the activity really determined the intensity of student learning. Keywords: PowerPoint learning media, activity, learning outcome.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 9823448 . Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2014 07:08
Terakhir diubah: 18 Dec 2014 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5850

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir