PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SUMBEREJO PADA MATERI SISTEM GERAK

DINI AJI PANGESTUTI, 1413024027 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SUMBEREJO PADA MATERI SISTEM GERAK. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1177Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1178Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Untuk mempersiapkan generasi yang mampu menghadapi tantangan abad ke-21, perlu dikembangkan keterampilan berpikir peserta didik. Salah satu keterampilan berpikir yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan adalah metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen melaksanakan pembelajaran dengan model discovery learning, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sumberejo berjumlah 95 orang. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini ada 2 macam, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa data hasil analisis angket metakognisi sebelum/sesudah iii pembelajaran dan data hasil belajar kognitif peserta didik yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Sementara data kualitatif berupa hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan tanggapan peserta didik mengenai penggunaan model pembelajaran discovery learning dan metode diskusi. Data kuantitatif dianalisis secara statistik dengan uji Ancova pada taraf nyata 5% dengan uji prasyarat berupa normalitas dan homogenitas dan uji lanjut dilakukan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Sedangkan data kualitatif keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan data tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning meningkatkan kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif peserta didik dibanding dengan metode diskusi dengan N-Gain berkategori sedang (0,58>0,36) dan (0,66>0,44). Selain itu, model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif dengan nilai signifikansi sama yaitu 0,000. Rerata nilai kesadaran metakognisi dan hasil belajar peserta didik yang belajar dengan menggunakan model discovery learning berbeda nyata dengan pencapaian peserta didik pada metode diskusi dengan selisih masing-masing sebesar 10,843 dan 15,274. Kata Kunci: model discovery learning, kesadaran metakognisi, hasil belajar kognitif.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:11
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59183

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir