PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP SISWA KELAS V B SDN 2 KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG

Tunggumin, ELMAWATI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP SISWA KELAS V B SDN 2 KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (460Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (3661Kb)

Abstrak

Pada pelajaran matematika siswa kelas V b SD Negeri 2 Kedamaian, diketahui rerata nilai ulangan harian dan tes sumatif yang dilakukan pada tengah semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 masih rendah. Rendahnya hasil belajar matematika siswa diduga disebabkan guru belum terampil memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat/cocok dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode kerja kelompok. Waktu penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 bertempat di SDN 2 Kedamaian. Prosedur penelitian tindak kelas terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data, menggunakan metode observasi dan tes. Pada data observasi berupa kegiatan siswa dan guru dengan lembar observasi oleh observer dan data tes dikumpulkan pada akhir siklus dalam bentuk tes tertulis isian. Seluruh data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase diinterprestasi sesuai dengan indikator penelitian. Hasil penelitian bahwa rerata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,73% meningkat pada siklus II 85,15%, jadi meningkat sebesar 22,42%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rerata 65,29 dan pada siklus II meningkat sebesar 78,53 jadi peningkatan sebesar 13,24. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran matematika menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa SDN 2 Kedamaian Bandar Lampung. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kerja Kelompok

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:01
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir