PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS DENGAN VARIASI STIMULUS BERBASIS IT PADA MATERI KINEMATIKA

Laraswati, Merry (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS DENGAN VARIASI STIMULUS BERBASIS IT PADA MATERI KINEMATIKA. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (168Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (993Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan.pdf

Download (674Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen soal High Order Thinking Skill (HOTS) dengan variasi stimulus berbasis IT menggunakan Wondershare Quiz Qreator (WQC) yang valid dan reliabel pada materi kinematika, mendeskripsikan setting CBT yang sesuai untuk instrumen soal berbasis IT menggunakan WQC ini, perbedaan rata-rata siswa menjawab soal dengan benar pada variasi situmulus yang digunakan dan tingkat kesukaran soal. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Desain penelitian yang digunakan diadaptasi dari desain peneltian Borg & Gall dengan dibatasi hanya sampai pada tahap ke-7, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan produk, pengembangan produk awal, uji coba tahap awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan produk akhir. Instrumen soal yang dikembangkan memiliki level kognitif menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sebelum dilakukan uji coba lapangan, instrumen soal diuji ahli yang terdiri dari uji validasi materi dengan skor 3,37 (sangat valid), konstruk dengan skor 3,16 (valid), bahasa dengan skor 3,15 (valid), dan setting CBT dengan skor 3,24 (valid). Sampel penilitian untuk uji coba lapangan, yaitu 22 siswa kelas X MIA MA Al-Hidayat Gerning. Hasil data yang diperoleh dianalisis bantuan software SPSS. Instrumen soal memuat 3 soal sangat sukar, 9 soal sedang, dan 12 soal sangat mudah. Berdasarkan hasil penelitian, instrumen soal HOTS yang dikembangkan valid dan reliabel dengan dengan nilai alpha Cronbach’s sebesar 0,874 yang berada pada kriteria bagus sekali. Kata kunci: instrumen soal, variasi stimulus, HOTS, kinematika This study aims to develop a High Order Thinking Skill (HOTS) question instrument with a variety of IT-based stimulus using a valid and reliable Wondershare Quiz Qreator (WQC) on kinematics material, describe the appropriate CBT settings for IT-based question instruments using this WQC, the difference in average number of students answering the questions correctly on variation of the situation used and the level of difficulty of the questions. This study uses research and development methods. The research design used was adapted from the research design of Borg & Gall with limited only to the 7th stage, namely research and data collection, product planning, initial product development, early stage trials, revision of test results, field trials, and products. end. The question instrument developed has a cognitive level of analyzing (C4), evaluating (C5), and creating (C6). Prior to field testing, the instrument was tested by experts which consisted of a material validation test with a score of 3.37 (very valid), constructs with a score of 3.16 (valid), language with a score of 3.15 (valid), and CBT settings with a score of 3.24 (valid). The research sample for field trials, namely 22 students of class X MIA MA Al-Hidayat Gerning. The results of the data obtained were analyzed with the help of SPSS software. The question instrument contains 3 very difficult questions, 9 moderate questions, and 12 very easy questions. Based on the results of the study, the HOTS test instrument developed was valid and reliable with Cronbach's alpha value of 0.874 which was in very good criteria. Key word: question instrument, stimulus variation, HOTS, kinematics

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2208879134 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:55
Terakhir diubah: 22 Aug 2022 02:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65309

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir