PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS IV SD NEGERI 5 TALANG TELUK BETUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Oleh

M.Fadel, SURYANI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS IV SD NEGERI 5 TALANG TELUK BETUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Oleh. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (616Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (468Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2564Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada kelas IV SD Negeri 5 Talang Teluk Betung Selatan ini adalah untuk mendeskripsikan: 1.Peningkatan hasil belajar IPA melalui metode pemberian tugas. 2.Meningkatkan penguasaan materi IPA. 3. Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA. pengamatan di kelas IV SD Negeri 5 Talang Teluk Betung Selatan bahwa kemampuan 40 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kurang memuaskan. Hal ini dapat dilihat ketika guru menugaskan siswa untuk mengerjakan soal, 18 orang siswa hasilnya sangat rendah penyebabnya adalah beberapa siswa tidak mengerjakan tugas atau banyak yang mencontoh hasil pekerjaan orang lain, bahwa metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Data yang telah diperoleh pada setiap tahapan tindakan penelitian dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan temuan dan hasil analisis pembelajaran di SD Negeri 5 Talang Teluk Betung, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran metode pemberian tugas cukup efektif untuk pembelajaran IPA. Secara kualitatif siswa lebih termotivasi dan lebih kreatif dalam melakukan pembelajaran IPA, diantaranya. 1. Aktivitas belajar siswa meningkat dari Siklus I ke Siklus II. 2. Hasil belajar siswa meningkat dari Siklus I ke Siklus II rata-rata 55,5 menjadi 75,5. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Pemberian Tugas, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> Q Science (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:12
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir