AFRIDA WATI, 0813041002 (2013) KEBIASAAN MENULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 RUMBIA LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover dan pengesahan.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 1-5.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (612Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Menulis dapat dikategorikan salah satu keterampilan berbahasa yang unik. Selain memiliki kemampuan menyimak, berbicara, dan membaca. Keterampilan menulis dikuasai oleh adanya kebiasaan melakukan aktivitas dalam menggungkapkan ide-ide secara tertulis. Oleh karena itu, bagaimana kebiasaan menulis siswa, khususnya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013 merupakan masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kebiasaan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Artinya penulis mendeskripsikan kebiasaan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rumbia Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket kebiasaan menulis . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi berjumlah 255 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Mengingat jumlah populasi banyak, yaitu lebih dari 200 siswa, maka penulis menggunakan teknik sampel cluster random sampling. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa kebiasaan menulis siswa SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013 tergolong dalam kategori kurang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kebiasaan siswa secara keseluruhan, yaitu 51,06. Jenis tulisan yang biasa ditulis oleh siswa adalah menulis buku harian, cerpen, surat, puisi, pantun dan yang jarang atau tidak pernah siswa tulis adalah menulis karangan narasi, pidato dan karangan argumentasi. Berdasarkan kategori tempat siswa biasa menulis di sekolah, di kelas, di rumah, di perpustakaan dan yang jarang atau tidak pernah siswa menulis di bawah pohon, di taman dan di tempat tidur. Berdasarkan indikator waktu, siswa biasa menulis pada waktu malam hari, libur sekolah, memanfaatkan waktu luangnya dan yang jarang atau tidak pernah siswa menulis pada pagi hari. Sedangkan tujuan siswa dalam menulis adalah agar terhindar dari kebodohan, membuang rasa jenuh, membuat ingatan semakin tajam, dapat menyimpan target-target di masa depan dan yang jarang atau tidak pernah siswa menulis untuk menjadi penulis dan dengan menulis akan menghilangkan stres .
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 16 Feb 2015 03:24 |
Terakhir diubah: | 16 Mar 2015 07:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6998 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |